Assalamualaikum wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang apa itu SOP.
A. PENGERTIAN
Prosedur operasi standar atau SOP adalah satu set instruksi langkah-demi-langkah yang disusun oleh organisasi untuk membantu pekerja melaksanakan operasi rutin. SOP bertujuan untuk mencapai efisiensi, kualitas output dan keseragaman kinerja, sekaligus mengurangi miskomunikasi dan kegagalan untuk mematuhi peraturan industri.
B. Manfaat SOP (Standart Operasional Prosedur)
1. sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung
jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
4. Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada
intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan
dalam pelaksanaan proses sehari-hari
5. Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
6. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara
konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang
telah dilakukan.
7.Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
8 Memberikan informasi mengenai kualifikasikompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
9 Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
10 Memberikan informasi mengenai beban tugas yang
dipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
dipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
C. Tujuan Standart Operasional prosedure (SOP)
1. Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja
2. Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap- tiap posisi dalam organisasi
3. Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
4.Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
5. Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.
D. Fungsi Standart Operasional Prosedure (SOP)
1.Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
2 Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
3. Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak
5. Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
E. Keuntungan Adanya Standart Operasional prosedure (SOP)
1. SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana,menjadi alat
komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara
konsisten.
2. Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
3. SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.
Mungkin cukup sekian yang dapat saya bagikan.
Wassalamualaikum wr.wb
~SEMOGA BERMANFAAT~
Mungkin cukup sekian yang dapat saya bagikan.
Wassalamualaikum wr.wb
~SEMOGA BERMANFAAT~
0 komentar:
Posting Komentar